Thursday, November 22, 2007

New AMD Family

AMD diharapkan akan segera meluncurkan produk 65nm-nya. Seiring dengan peluncuran core Brisbane 65nm dan Windsor FX, AMD akan mengalihkan penamaan produknya dari nama kota menjadi nama bintang. Adapun keluarga bintang akan dinamakan Agena FX, Agena, Kuma, Rana dan Spica. AMD akan mengleuarkan banyak varian dalam core bintang ini. Prosesor dengan nama bintang sebelumnya dikenal dengan core rev. H yang akan menggunakan protokol HyperTransport 3.0 dan kompatibilitas ke belakang dengan sistem HyperTransport 1.0.


HyperTransport 3.0 diharapkan selain akan dapat memberikan bandwidth antara prosesor dan chipset dua kali lebih besar, juga akan mengijinkan prosesor dan chipsety berjalan dengan kecepatan yang berbeda. Dengan HyperTransport 3.0, north bridge dapat berjalan pada kecepatan 75% dari kecepatan maksimum prosesor. Roadmap AMD mengklaim bahwa bandwidth HyperTransport 3.0 yang lebih besar tersebut penting bagi PCIe 2.0 dan kinerja multi-GPU, grafis terintegrasi dan multiprosesor yang akan datang.

Selain fitur HyperTransport 3.0, keluarga prosesor bintang juga akan menggunakan 128-bit floating point unit untuk setiap core CPU, dukungan DDR2 1066, instruksi SSE4 dan pemisahan penggunaan daya. Pemisahan penggunaan daya memungkinkan prosesor dan northbridge untuk beroperasi dengan voltase dan kecepatan yang berbeda. Keuntungan dari sistem ini adalah bahwa voltase dan kecepatan north bridge tidak berubah pada waku aktivasi Cool’n’Quiet. Dengan pemisahan daya maka diperlukan PLL yang terpisah antara prosesor dan north bridge.

Keluarga bintang akan menggunakan soket AM2+, dengan perkecualian Agena FX yang menggunakan soket 1207. Prosesor keluarga bintang juga akan dapat menggunakan soket AM2 dengan mengorbankan kinerja karena hanya menggunakan HyperTransport 1.0. Pada Q3 2007, AMD diharapkan sudah merilis prosesor quad core pertama yang berbasis Agena dan Agena FX dengan platform 4x4 dan fungsionalitas dual core. Selain Agena FX dalam soket 1207, Agena akan tersedia pada single core dan soket AM2+.

Prosesor Agena FX dan Agena mempunyai fitur yang mirip yaitu shared L3 cache. 2MB L3 cache akan digunakan secara serempak oleh keempat core prosesor. L2 cache juga akan sebesar 2MB juga. Kecepatan berkisar antara 2.7 GHz sampai 2.9 GHz. Kecepatan HyperTransport 3.0 untuk Agena FX dan Agena diharapkan berada pada 4000 MHz. Agena FX dan Agena akan diproduksi dengan menggunakan proses 65nm dan akan menggunakan daya sebesar 125W TDP. Prosesor pertama Agena FX dan Agena diharapkan sudah tiba pada Q3’2007.

Setelah itu, AMD akan meluncurkan prosesor dual core Kuma pada Q3’07 juga. Core Kuma selain mempunyai fitur HyperTransport 3.0 dengan kecepatan 4000 MHz, juga akan mempunyai 1MB L2 cache dan 2MB shared L3 cache. Prosesor Kuma akan mempunyai kecepatan dengan kisaran 2.0 GHz sampai 2.9 GHz dengan soket AM2+ serta konsumsi daya 89W dan 65W.

Dalam keluarga bintang juga akan ada prosesor single core Rana dan Spica pada akhir 2007. Prosesor Rana akan menggantikan Orleans dan Lima sementara Spica akan menggantikan single-core Venice dan Sempron Manila. Roadmap AMD roadmap tidak terlalu menerangkan tentang spesifikasi Rana dan Spica, namun tetap akan menggunakan fitur HyperTransport 3.0 dan soket AM2+.

Sumber: http://dailytech.com

0 comments:

  © Blogger template 'LonelyTree' Ourblogtemplates.com edited by mbah13 2008

Back to TOP