Thursday, October 4, 2007

About Firefox

Firefox adalah salah satu dari sekian banyak web browser yang ada. 3 browser yang paling banyak dipakai adalah Internet Explorer (IE), Firefox, dan Opera. Firefox dan Opera tersedia untuk ketiga platform utama yaitu Windows, Mac dan Linux. Sementara IE, you know lah, hanya untuk windows, meskipun dulu pernah ada Internet Explorer for Mac dan kalau mau, kamu juga bisa menginstall IE di linux.

Bicara tentang kelebihan Firefox, kayaknya nggak cukup satu posting deh. Abis banyak kelebihannya.. Gak usah heran klo kamu buka halaman digg (situs yang geeky abis), tak jarang selalu keliatan artikel yang membahas tentang Firefox.

Jadi apa kelebihan firefox dibandingkan teman-temannya?

Kelebihan Firefox

1. Standard compliant
Rendering engine Gecko adalah salah satu engine yang paling sesuai dengan standar dari W3C, alias lembaga yang ngurusin web. Jadi tampilannya juga lebih sesuai standar dan nggak bikin bingung programmer. Repotnya si IE buatan Microsoft tidak standard compliant yang semakin bikin pusing programmer untuk nge-hack agar IE menampilkan situsnya dengan benar. Opera pun juga tidak lebih baik dari Firefox dalam hal ini.

2. Lebih aman
Firefox dibangun dengan dasar keamanan yang lebih baik dari IE. Setidaknya begitulah klaimnya. Firefox tidak menggunakan fungsi-fungsi Active-X seperti IE yang memungkinkan seseorang menyerang kedalam sistem operasi melalui web browser.

3. Navigasi yang lebih baik
Hmm.. tentu saja ada tabbed browsing, fitur yang awalnya dimiliki oleh opera. IE juga punya fitur ini, yaitu dengan dirilisnya IE7. Tapi hello…? maaf sudah terlambat. Tidak hanya navigasi, tetapi ada sistem bookmark yang lebih nyaman, dibanding favoritesnya IE. Sekali lagi, hello.. ? favorites? Situs yang kita bookmark tidak harus selalu situs favorit bukan..?

Selain bookmark, ada juga fungsi-fungsi yang sangat berguna seperti session-saver, dan undo close-tab, juga beragam pilihan untuk tabbed browsing.

4. Extensible
Yah, ada ratusan ekstensi. Ratusan yang nggak pernah kamu bayangkan pernah ada. Semuanya bisa didapatkan di situsnya Mozilla addons.

5. Portable
Profil, ekstensi, dan Firefox itu sendiri sebenarnya dibuat sangat portable. Gak pake registry yang ribet-ribet. Kalau di linux, sebenarnya untuk memakai firefox, kamu hanya perlu mengekstrak binary-nya saja ke sembarang folder, dan semua bookmark, profil dan extensi kamu ada di ~/.mozilla/firefox/
Kamu juga bisa menginstall Firefox di flash drive kamu, yaitu dengan Portable Firefox.

6. Lebih keren
Hari gini pakai IE? pakai Firefox donk.. Ga keren banget sih loe. Hehe.. ini mah pendapat subjektif ya.. hihi..

Kalo kamu masih pakai IE, dan pengen nyoba Firefox, kamu bisa download disini.

Kalo kamu lebih memilih pakai Opera, berarti 99% kamu dah pernah nyoba Firefox dan nggak suka. Klo gitu teruskan saja :p

Source : http://arifhidayat.web.ugm.ac.id


0 comments:

  © Blogger template 'LonelyTree' Ourblogtemplates.com edited by mbah13 2008

Back to TOP